Cara Krimping Kabel LAN UTP yang Benar

SisKom Center - Kabel UTP atau Unshielded twisted-pair merupakan sebuah jenis kabel pada jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga tanpa pelindung atau shield internal. Dan Kabel UTP adalah jenis kabel yang paling umum dan sering digunakan dalam media transmisi pada jaringan lokal (LAN). Kelebihan dari kabel UTP ini antara lain adalah karena memang harnyanya yang cukup murah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.
http://siskom-center.blogspot.com/
Namun pada kesempatan kali ini penulis tidak akan menjelaskan begitu detail mengenai kabel LAN UTP tapi lebih ke bagaimana Cara Krimping Kabel LAN UTP yang Benar dan pastinya dapat digunakan sebagai media transmisi jaringan.

Baca juga : Susunan kabel UTP sesuai dengan cara pemasangannya

Adapun alat dan bahan yang akan gunakan :
  • Kabel UTP
  • RJ-45
  • Cramping Tool
  • LAN Tester
Berikut langkah-langkah panduan Cara Krimping Kabel LAN UTP yang Benar. Simak yuk, SisKomers ... ^_^

Klik gambar apabila kurang jelas.
  1. Kupas ujung kabel UTP sekitar 2cm, sehingga kabel kecil – kecil yang ada didalam kelihatan. Pisahkan kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasakan warnanya. Setelah itu potong ujungnya sehingga rata satu sama lain.
    http://siskom-center.blogspot.com/
  2. Setelah semua kabel tersusun dengan benar, ambil Connector RJ-45. Kemudian masukkan kabel tersebut dalam konektor sesuai urutannya. Pastikan ujung semua kabel masuk mentok dikonektornya.
    http://siskom-center.blogspot.com/
  3. Kemudian ambil Cramping Tool, masukan Connector RJ-45 yang sudah dipasang kabel UTP tadi ke posisi slot yang sudah ada. Jika posisi sudah benar, jepit konektor hingga berbunyi ‘klik’. Pastikan kabel tidak tertarik.
    http://siskom-center.blogspot.com/
  4. Langkah terakhir adalah melakukan test kabel UTP yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan menggunakan LAN Tester. Masukan ujung kabel ke port LAN Tester, Switch power ke ON, cek apakah lampu LED menyala semua pada LAN Tester.
    http://siskom-center.blogspot.com/
  5. Kabel UTP siap digunakan.
    http://siskom-center.blogspot.com/
Nahhh ... cukup mudah bukan bagaimana Cara Krimping Kabel LAN UTP yang Benar ?
Penulis rasa cukup sampai disini artikelnya. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, SisKomers ... ^_^

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama